YAYASAN PANGUDI LUHUR CABANG JAKARTA
Yayasan Pangudi Luhur Jakarta - Jl. Haji Nawi 21 Jakarta Selatan 12420 Indonesia  Telp.(021) 75906565 Fax.(021) 7662332
Rabu, 24 Juli 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


03.12.2007 14:36:01 1156x dibaca.
ARTIKEL
RENUNGAN SENIN

DEKATKAN ANAK KEPADA ALLAH DENGAN BERDOA

Para orang tua kebanyakan kesulitan untuk menerangkan kepada putra putrinya apa arti dari berdoa, hal ini dikarenakan anak-anak mudah keliru dan biasa menganggap setiap doanya pasti dikabulkan oleh Tuhan.
Berikut ini adalah sedikit tips untuk membimbing anak-anak dalam memahami kepentingan doa dan membimbing mereka agar tidak menyalahgunakan doa untuk kepentingan yang negatif.


1- Berdoa secara sepontan

Latihlah anak-anak supaya berdoa secara sepontan dengan menggunakan bahasa yang mudah. Doa yang ada di buku buku doa kita  mungkin menimbulkan kesukaran kepada mereka, gunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti.


2- Berdoa sebagai tanda terima kasih

Ajari anak anda untuk bersyukur atas kesenangan yang dimiliki yang dikurniakan oleh Allah, beritahu mereka berdoa bukan saja untuk meminta sesuatu dari Allah tetapi juga sebagai tanda terima kasih.


3- Tuhan mengetahui segalanya

Yakinkan anak-anak bahwa Allah dapat mendengar apa saja permintaan mereka, baik itu permintaan yang mulia ataupun yang buruk. Anak-anak mungkin menganggap agak sulit untuk mendapat perhatian sepenuhnya dari orang tua dengan rutinitas dan kesibukan sehari-hari, hal itu juga dapat menimbulkan kekurangpahaman anak-anak dalam berdoa.
oleh karena itu alangkah baiknya kita meluangkan waktu bersama putra dan putrinya untuk mendengar dan menjawab segala keluhan dan permintaan mereka secara bijaksana.


4- Mengakui kesalahan yang dilakukan

Didiklah anak anda supaya sentiasa terbuka dengan mengakui kesalahan yang telah mereka lakukan. Ajarlah mereka cara-cara berdoa memohon ampunan dari Allah. Dalam hal ini, kita bisa mengajarkan kepada mereka untuk berdoa seorang diri agar mereka memiliki “privasi” dalam mendekatkan diri kepada Allah.


5- Yakin dengan Allah

Ajarkan sejak dini kepada anak-anak untuk yakin dan pasrah dengan kehendak Tuhan. Mungkin agak sukar untuk menjelaskan kepada mereka bahwa tidak semua doa itu dapat dikabulkan tetapi cobalah untuk menjelaskan dengan bahasa Anda sendiri.
Yakinkan mereka bahawa setiap doa mereka itu didengar oleh  Allah namun mungkin jawaban yang diterima tidak seperti yang diharapkan oleh mereka. Ajarkan mereka supaya tidak mudah berputus asa.


Latih mereka untuk senantiasa memuji Allah, bersyukur dengan rezeki yang diberi, memohon kepadaNya dan yakin dengan kebesaran Allah.


Sumber : Akhbar Bacaria
Disadur dari: Famili Azam Dot Com
Posted by : Philip





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 35.171.183.163 : 2 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR CABANG JAKARTA
 © 2019  http://jakarta.pangudiluhur.org/