YAYASAN PANGUDI LUHUR CABANG JAKARTA
Yayasan Pangudi Luhur Jakarta - Jl. Haji Nawi 21 Jakarta Selatan 12420 Indonesia  Telp.(021) 75906565 Fax.(021) 7662332
Selasa, 19 September 2017  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



PROFIL
SEJARAH SINGKAT YAYASAN PANGUDI LUHUR

Yayasan Pangudi Luhur merupakan suatu wadah karya kerasulan di bidang pendidikan yang dikelola oleh Bruder FIC. Yayasan Pangudi Luhur didirikan tanggal 6 Oktober 1954, dan berkantor pusat di Jalan Dr Sutomo No 4, Semarang.

Pada tahun 1960-an, jumlah sekolah Pangudi Luhur semakin bertambah, di sisi lain, keterlambatan dalam urusan surat-surat keputusan melalui inspeksi dan kementrian semakin mengganggu. Karena itu dirasakan perlu adanya perwakilan Pangudi Luhur di Jakarta.

Sebelum tahun 1960, Br. Antherus sudah mencari kesempatan untuk mendirikan rumah di Ibu kota. Di Jakarta, berada Kantor Waligereja Indonesia, yang melayani semua instansi dalam hal impor barang misi, dalam hal imigrasi dan naturalisasi, serta transaksi keuangan, dan dalam hal dokumen perjalanan dan visa. Di Jakarta juga tempat kantor-kantor pemerintah, tempat mencari tanda tangan dan cap, tanda persetujuan terakhir untuk subsidi, pengangkatan, kenaikan pangkat. Maka lebih dari cukup alasan untuk mengambil langkah mendirikan cabang di Jakarta, Br. Humbertus, selaku superior misi mengadakan kontak, dengan Mgr. Jaya Seputra SJ, Vikaris Apostolik. Hasil kontak pertama dengan Keuskupan Agung tidak persis seperti yang dimaksud Dewan Misi. Sesungguhnya Dewan Misi ingin menyerahkan beberapa bruder demi kepentingan orang kecil dan lemah, yang jumlahnya begitu banyak di Jakarta. Namun keuskupan berpendapat lain; keuskupan berpendapat bahwa kehadiran gereja di antara golongan yang lebih terkemuka perlu mendapat prioritas sekarang, agar jangan terlambat.

Di sebelah Selatan Jakarta berkembanglah kota satelit Kebayoran Baru, dan di situlah sekolah-sekolah Katolik sangat dibutuhkan. Permohonan FIC datang tepat pada waktunya. Sekolah-sekolah di Kebayoran Baru akan menjadi sekolah untuk golongan yang sedikit berbeda, bahkan yang lebih berada dan kaya. Maka tidak seperti yang direncanakan. Sebagai tanggal berdirinya cabang baru, tercatat 24 Juni 1965.

Di Jalan Brawijaya IV, Kebayoran Baru, sedang dibangun gedung sekolah menurut syarat, yang ditentukan pemerintah DKI Jakarta. Meskipun belum 100% selesai dibangun, pada tanggal 2 Agustus 1965 SMP maupun SMA dimulai di Gedung Brawijaya IV. SMP mulai dengan 150 murid, dan SMA dengan 112 murid.

Sudah tiba waktunya untuk memikirkan pembangunan gedung SMP Pangudi Luhur. Tanahnya sudah dibeli pada tahun 1962, di daerah Cipete. Pembangunan gedung SMP mendapat pertentangan dari golongan “tertentu”, yang merasa tidak senang melihat Pangudi Luhur menginjak tanah di Cipete. Mereka memblokir surat-surat izin yang diperlukan. Kendati demikian akhirnya pada tahun 1969 gedung SMP Pangudi Luhur selesai dibangun. Pada bulan Mei 1970, gedung itu diberkati oleh Mgr. Jaya Seputra.

Pada tahun 1972 SD Pangudi Luhur pun didirikan, berkat kebijaksanaan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. Pada tahun 1973 Gubernur Ali Sadikin berjanji akan menyumbangkan satu unit lagi, sehingga dalam waktu beberapa tahun saja, Jalan Haji Nawi menjadi kompleks sekolahan yang terkenal.

Jakarta sebagai ibu kota terus menggeliat, mengembang dan meluas. Permasalahan dan kebutuhan juga bertambah banyak. Cukup banyak anak memerlukan pendampingan khusus karena tidak dapat mendengar dan kurang dapat berbicara. Untuk itulah Kongregasi Bruder FIC/Yayasan Pangudi Luhur mengulurkan tangan membantu anak-anak tunarungu tersebut. Maka dimulailah SLBB PL di Grogol tahun 1983, dan dua tahun kemudian SLBB PL memperoleh tempat yang permanan di Kembangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Perkembangan selanjutnya adalah karya SMA Pangudi Luhur di Kampung Sawah tahun 1999. Sekolah ini mulai membuka pendaftaran siswa baru pada tanggal 14 April 1999, dengan tempat masih menumpang di SLTP Strada Kampung Sawah. Tanggal 19 Juli 1999 sekolah berdiri dengan ditandai masuknya siswa – siswi yang pertama kali sebanyak 105 murid, terdiri dari 64 putra dan 41 putri.

Tangan dingin Bruder-bruder, FIC dalam mengembangkan sekolah-sekolah yang mereka bina telah menggerakkan konsorsium raksasa ITOCHU, Sinar Mas, dan Nissho Iwai untuk menggandeng Pangudi Luhur dalam mewujudkan layanan pendidikan yang bermutu di Deltamas. Sesuai perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh Konsorsium PT. Delta Mas dan Yayasan Pangudi Luhur, pihak Delta Mas menyediakan lahan seluas 4,6 hektar lebih untuk pembangunan gedung-gedung sekolah dari play group hinggá SMA, dibawah naungan Yayasan Pangudi Luhur. Saat ini sudah dibuka TK dan SD Pangudi Luhur di Kota Deltamas.






^:^ : IP 54.159.113.182 : 2 ms   
YAYASAN PANGUDI LUHUR CABANG JAKARTA
 © 2017  http://jakarta.pangudiluhur.org/